bolsas femininas
Kemronyos™. Diberdayakan oleh Blogger.

Laptop vs PC Tablet

Baik laptop ataupun tablet PC telah menjadi kebutuhan di masa sekarang ini. Namun, tablet PC yang dibicarakan di sini adalah tablet PC pada umumnya, bukan device hardware yang bekerja di system operasi Windows XP Tablet yang diusung dari brand Microsoft.

Mana yang harus dipilih, tablet PC atau laptop?

Ada yang menyukai tablet PC, dan ada yang tidak dan justru memilih laptop. Berbicara soal fungsi, tablet PC dan laptop memiliki fungsi yang sama. Pengguna dapat memperoleh aplikasi dan fitur yang sama, termasuk tool untuk menulis. Di tablet PC, pengguna dapat menulis langsung di display layar dan mengirim email secara langsung ke seseorang. Sedangkan tool notes di laptop juga dapat mencatat hasil meeting dengan cepat. Keduanya cukup bagus dari sisi fungsinya, dan hal itulah yang membuat pilihan menjadi sulit.

Keuntungan memilih tablet PC :

1. Ringan. Tablet PC lebih ringan dibandingkan kebanyakan laptop. Ukurannya lebih kecil, dan praktis dapat dibawa ke mana saja. Sedangkan untuk laptop mungkin harus memerlukan wadah yang besar untuk membawanya.

2. Fleksibel. Tablet PC dapat ‘ditidurkan’ di permukaan kerja yang flat. Hal ini cukup ideal ketika mengadakan konferensi. Sedangkan layar laptop harus dibuat vertical, yang mungkin hanya tampak jelas untuk yang berada langsung di depan layar.

3. Pena khusus. Inputan tablet PC menggunakan pen khusus atau handwriting, cocok untuk pengguna yang senang artistic. Input lebih baik ketimbang menggunakan mouse atau touchpad. Terdapat perbedaan gesture yang dapat diaplikasikan di pen khusus tersebut, dan hasilnya lebih bervariasi daripada menggunakan keyboard dan mouse.

4. Style personal. Tablet PC menjadi hal yang unik untuk user, terutama dengan adanya style berbeda dan penggunaan pena. Faktanya, aplikasi handwriting recognition di tablet PC akan menterjemahkan tulisan tangan pengguna dan kemudian meng-convert-nya ke dalam text dengan akurasi 99 persen.

Kerugian memilih tablet PC :

1. Terlalu kecil. Terkadang orang menemukan bahwa ukuran layar tablet PC terlalu kecil daripada laptop. Maksimum layar tablet PC adalah 14.1 inch.

2. Tidak ada optical drive. Tablet PC tidak memiliki optical drive built-in, walaupun dapat dikoneksikan secara eksternal. Alasan tidak adanya optical drive adalah untuk menjadikan device ini super ramping.

3. Hanya single user. Tablet PC bagus digunakan bagi single user untuk penggunaan seumur hidup, sedangkan laptop dapat digunakan banyak user, sehingga dapat di-share ke siapa saja.

4. Pelindung layar khusus. Banyak resiko kerusakan layar di tablet PC ketimbang laptop. Hal ini dikarenakan jenis inputan yang dipakai, yakni device pena. Maka user memerlukan screen guard untuk tablet PC.

5. Lambat. Secara teknis tablet PC cenderung bekerja lambat disbanding laptop. Alasannya karena menggunakan input handwriting, dan kecepatannya tidak dapat disamakan dengan keyboard dan mouse yang digunakan di laptop.

6. Lebih mahal. Tablet PC rata-rata memiliki harga lebih mahal daripada laptop, jadi pengguna bisa memperhatikan harga dan fiturnya terlebih dulu sebelum membeli.



sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    • Popular
    • Categories
    • Archives